Memulai Bisnis
Memulai bisnis bisa menjadi pengalaman yang menegangkan dan menggembirakan. Memulai bisnis membuka pintu peluang baru dan kesuksesan finansial. Namun, di mana beberapa bisnis berhasil, banyak lainnya gagal. Alasan utama kegagalan bisnis awal adalah:
(1) Gagal mengembangkan rencana bisnis yang komprehensif;
(2) Gagal menentukan target pasar;
(3) Di bawah kapitalisasi;
(4) Perselisihan kepemilikan;
“RENCANA BISNIS ADALAH BACKBONE OF START-UP” Rencana bisnis adalah peta jalan Anda untuk menjalankan bisnis. Ini menguraikan:
(1) tujuan usaha;
(2) pasar yang dicari bisnis;
(3) biaya awal;
(4) proyeksi dan tujuan pendapatan jangka pendek dan jangka panjang.
Tetapkan Bisnis Anda
Tujuan bisnis Anda harus menentukan bagaimana Anda ingin mengatur bisnis Anda selain dari bisnis yang ada saat ini. Ini bisa menjadi bagian penting dari rencana bisnis Anda. Misalnya, jika Anda ingin membuka restoran cepat saji, Anda akan memiliki kesuksesan terbatas jika Anda menyiapkan “Burger Bob” di samping perusahaan mapan seperti “McDonald’s”. Namun, jika Anda mendefinisikan bisnis Anda sebagai memiliki “layanan pribadi” atau menawarkan resep rahasia, porsi lebih besar atau pengiriman cepat, Anda dapat membedakan diri dari perusahaan yang ada. Apakah Anda ingat ketika “Burger King” mengiklankan “memilikinya dengan cara Anda” atau “nyala bakar panggang?” Itu adalah bagian dari rencana pemasaran bisnis untuk membedakan layanan mereka dari Restoran McDonald’s.
Tentukan Pasar Anda.
Mendefinisikan segmen populasi tertentu yang akan membentuk basis klien Anda sama pentingnya. Anda dapat menentukan kelompok ini dengan sejumlah kriteria – berdasarkan geografi, berdasarkan usia, berdasarkan status keuangan. Mungkin bisnis Anda ingin menargetkan individu atau mungkin pemilik bisnis. Anda mungkin ingin memasarkan ke orang-orang dengan komputer, baby boomer atau kombinasi beberapa kelompok yang berbeda. Terlepas dari preferensi yang berkembang untuk bisnis dengan spesialisasi, penting untuk menargetkan khalayak yang cukup besar untuk mendukung bisnis Anda.
Menentukan Tujuan
Penetapan tujuan juga merupakan bagian integral dari rencana bisnis. Setiap buku yang tersedia di pasar yang berkaitan dengan kesuksesan bisnis mendefinisikan penetapan tujuan sebagai, mungkin, elemen kesuksesan yang paling penting. “The 7 Habits or Highly Effective People” Stephen Covey adalah salah satu buku tersebut dan sangat dianjurkan bagi siapa saja yang ingin sukses dalam memulai bisnis atau bekerja untuk perusahaan.
Rencana bisnis Anda harus menentukan tujuan jangka panjang dan jangka pendek. Berapa banyak yang harus Anda peroleh untuk terus menjalankan bisnis Anda? Apa break point anda? Apa tujuan Anda memasarkan bisnis Anda termasuk garis waktu terperinci? Berapa banyak yang Anda harapkan untuk mendapatkan dalam satu bulan, enam, satu tahun? Ini adalah pertimbangan penting dalam memulai bisnis. Semua harus menjadi bagian dari rencana bisnis Anda. Selain itu, tujuan Anda harus ditinjau dan dimodifikasi secara teratur berdasarkan kinerja bisnis saat ini. Beberapa jawaban yang Anda kembangkan saat menguraikan tujuan rencana bisnis Anda akan membantu Anda menentukan berapa banyak uang yang Anda perlukan untuk memulai bisnis Anda.