Back Office Outsourcing

Outsourcing adalah salah satu sektor unggulan di arena bisnis internasional saat ini. Saat ini, sebagian besar negara berkembang mengandalkan pendapatan yang dihasilkan dari bisnis outsourcing untuk memperbaiki atau mempertahankan status ekonominya. Di sisi lain, perusahaan di negara maju mencari outsourcing sebagai pintu gerbang baru untuk menghasilkan keuntungan.

Salah satu sektor utama di arena outsourcing adalah Back Office Services. Ini adalah outsourcing tugas kantor yang spesifik dan tidak penting bagi perusahaan lepas pantai dengan penandatanganan pengganti atau MoU. Meskipun momentum pertumbuhan kendur pada hari-hari awal, Back Office Outsourcing Services mendapatkan dorongan dari tren manajemen yang baru muncul seperti outsourcing tugas yang kurang penting dalam organisasi.

Layanan back office bisa dibagi sesuai dengan bidang layanan. Beberapa layanan back office yang paling banyak dioutsourcing meliputi layanan keuangan dan akuntansi, layanan pembukuan, layanan dan dukungan pelanggan, call center, sumber daya manusia, pembayaran gaji, tagihan pembelian, transkripsi, dan lain-lain. Bidang layanan yang tercakup dalam Operasi Back Office berkembang karena meningkatnya tanggung jawab organisasi yang menuntut dukungan back office  lebih efisien.

Layanan back office outsourcing memiliki beberapa keunggulan. Keunggulan ini membuatnya relevan di sektor bisnis outsourcing.

Efektivitas biaya
Efektivitas Waktu
Inovasi dalam Pengolahan
Otomatisasi
Keuntungan biaya

Outsourcing operasi back office membantu mengurangi biaya operasional organisasi. Offshore outsourcing membantu mencapai efisiensi tinggi dengan harga yang wajar dan hemat biaya. Semakin sedikit biaya operasi karena rendahnya biaya tenaga kerja dan layanan yang sangat efisien yang ditawarkan oleh perusahaan outsourcing. Misalnya, perusahaan AS melakukan outsourcing operasi back office mereka ke India, karena tersedianya sejumlah besar tenaga kerja dan biaya tenaga kerja yang lebih rendah di India.

 Keuntungan waktu

Ketika perusahaan pihak ketiga menjalankan beberapa tugas untuk perusahaan, maka eksekutif di perusahaan yang menerima layanan tersebut, dapat menghemat lebih banyak waktu untuk kegiatan bisnis inti mereka. Bagi perusahaan mana pun, kegiatan bisnis inti penting daripada tugas bisnis yang tidak penting. Pengalihan aktivitas yang kurang penting membantu eksekutif untuk memisahkan lebih banyak waktu untuk kegiatan bisnis inti mereka.

 Inovasi dalam Pengolahan

Inovasi adalah kunci untuk memperbaiki metode pemrosesan bisnis. Perusahaan outsourcing lepas pantai memiliki kolam bakat kreatif, yang membantu perangkat cerdas dan menghemat waktu untuk operasi back office. Metode inovatif ini mempercepat operasi dan membuat proses operasi menjadi lebih sederhana.

Beberapa daftar pekerjaan back office meliputi :

Pengelolaan gaji
Departemen sumber daya manusia
Pelayanan Akuntansi
Pembayaran & tagihan
Pengelolaan IT
Entri data
Administrasi