Ketika orang memulai suatu bisnis khususnya skala kecil banyak yang berpikir usaha kecil tidak memerlukan perencanaan strategis.Kenyataannya pada tingkat mikro sumber daya yang lebih kecil dan persaingan yang sengit sangat diperlukan perencanaan strategi bisnis yang lebih baik .

Tujuan dari perencanaan strategi bisnis adalah dengan menggunakan secara optimal sumber daya yang ada yang dengan mudah dapat dicapai sehingga didapatkan hasil yang optimum dengan tingkat resiko yang sekecil-kecilnya.

Sebuah perencanaan strategis memerlukan beberapa persiapan pra-perencanaan dan pemahaman. Perencana strategi harus memahami seluk-beluk dari bisnis yang akan dikelola.Sebuah bisnis memiliki banyak bagian dan setiap bagian harus saling melengkapi sedemikian rupa guna membuatnya berhasil.Semua bagian dalam bisnis harus saling melengkapi satu sama lain dan mendukungnya untuk dapat berkembang,serta koordinasi yang terpadu adalah suatu keharusan .

Identifikasi peran dan pemetaan peran merupakan aspek penting dari perencanaan strategi bisnis . Sumber daya manusia yang paling penting,aspek perencanaan dan alokasi sumber daya strategis, perencana strategi harus memahaminya benar dan mengambil langkah yang tepat untuk hasil lebih baik.Strategi bisnis yang direncanakan dengan baik membuat pertumbuhan bisnis lebih cepat dan lebih mudah .

Jadi, jika anda berpikir untuk membangun sebuah bisnis anda harus merencanakan dengan benar.Strategi bisnis yang dirancang dengan baik akan membuka jalan untuk sukses bahkan jika sumber daya yang anda miliki terbatas dgn kompetisi yang tinggi.Pada saat yang sama jangan menjadi sangat optimis dan harus mempertimbangkan semua faktor resiko. Dedikasi dan kerja keras adalah keberhasilan untuk bisnis,tetapi yang lebih tepat perencanaan yang akurat sangat diperlukan untuk dapat memberikan hasil yang lebih baik.